Jelang Piala Dunia 2022, Timnas Jepang: Jalan pedang Samurai Biru

Jalan pedang untuk Jepang tinggal mengadu kekuatan teknis. Namun, Spanyol dan Jerman patut diakui masih berada di level yang jauh di atas.

Timnas Sepakbola Jepang. Foto Federasi Sepak bola Jepang

Jepang tampil ke Piala Dunia setelah runner-up Grup B putaran ketiga kualifikasi zona Asia. Templatnya sebagai pot ketiga meletakkan Samurai Biru di Grup E Qatar 2022. Mereka akan bertemu Spanyol, Kosta Rika, dan Jerman.

Bagaimana kalkulasi pelatih Hajime Moriyasu kalau Jepang berambisi maju ke 16 Besar? Secara rasional, mengambil poin penuh dari Kosta Rika dan salah satu di antara duo Eropa. Enam, angka aman, di klasemen.

Tapi, suhu udara niscaya menjadi problem Jepang. Aklimatisasi cuaca tidak bisa berarti banyak bagi pemain yang terbiasa hidup dalam empat musim. Sama seperti Spanyol dan Jerman. Mereka akan merasa gerah selama pertandingan, tengkuk dibalut es batu saat jeda, bukan solusi.

Kosta Rika lebih beruntung karena mengenal hanya dua musim kemarau dan hujan. Sementara suhu rata-rata bulan November di Qatar 26 derajat celsius atau lebih tinggi enam derajat dari Piala Dunia Rusia 2018 silam. Udara Qatar dan Kosta Rika beda tipis saja. Tim kuda hitam Los Ticos lebih rileks daripada tiga pesaingnya di Grup E.

Rencana sudah Matang