Jenazah Ani Yudhoyono dimakamkan

Presiden Joko Widodo memimpin upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Prajurit TNI membawa peti jenazah Ibu Negara periode 2004-2014 Ani Yudhoyono saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6)./ Antara Foto

Jenazah Ibu Negara ke-6 RI, Kristiani Herrawati Yudhoyono, dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pukul 15.00 WIB. Jenazah Ani tiba di TMP Kalibata pukul 14.30 WIB, diiringi rombongan Keluarga dan Presiden Joko Widodo.

Tampak hadir mantan Presiden ke-3 dan ke-5 Indonesia, Baharudin Jusuf Habibie dan Megawati Soekarnoputri. Selain kedua mantan Presiden, istri presiden ke-4 Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid, juga datang ke TMP Kalibata sekitar pukul 14.20.

Pemakaman istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dilakukan secara militer. Prosesi pemakaman dimulai dengan pembacaan riwayat hidup, pembacaan apel persada yang dibacakan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo, hormat senjata, tabur bunga oleh keluarga, dan diakhiri dengan penimbunan liang lahat oleh SBY.

Anak pertama Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan, kepergian sang ibunda sangat mengagetkan mereka. "Dua minggu sebelum memasuki masa kritis, beliau menunjukkan perkembangan yang positif. Tapi Allah berkehendak lain," kata Agus di TMP Kalibata, Minggu (2/6).

Saat pertama kali divonis kanker darah, Agus melanjutkan, Ani mengatakan dirinya pasrah, tapi tidak akan menyerah. Setiap nasihat dokter, kata Agus, ditulisnya dan dicatat dengan rapi.