Jokowi akan kunjungi 3 negara Asia Timur pekan depan

Retno menyampaikan, RRT, Jepang, dan Korea Selatan merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Foto Twitter.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke tiga negara di Asia Timur pada 26-28 Juli 2022. Tiga negara yang akan dikunjungi Presiden yakni Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan.

“Rencana kunjungan Presiden RI ke Beijing akan dilakukan pada 26 Juli 2022, sementara ke Tokyo tanggal 27 Juli, dan ke Seoul tanggal 28 Juli 2022,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam keterangan pers daring, Kamis (21/7).

Retno menyampaikan, RRT, Jepang, dan Korea Selatan merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi, serta mitra strategis Indonesia dan ASEAN pada saat berbicara mengenai masalah kawasan.

Jokowi direncanakan akan bertemu dengan masing-masing kepala negara dalam kunjungan singkat yang dilaksanakan selama tiga hari di tiga negara tersebut. Retno menyebut, pertemuan bilateral dilakukan untuk membahas penguatan kerja sama ekonomi.

“Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi,” ujar Retno.