Jokowi: Indonesia kehilangan tokoh perempuan terbaik

Wafat di usia 66 tahun, Ani Yudhoyono meninggalkan suami, dua orang putra, dua orang menantu, dan empat orang cucu. 

Presiden Joko Widodo meletakkan karangan bunga di makam Ibu Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6). /Antara Foto

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bela sungkawa saat menghadiri pemakaman Kristiani Herrawati Yudhoyono atau yang akrab disapa Ani Yudhoyono. Jokowi mengajak rakyat Indonesia mendoakan kepergian istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. 

"Marilah kita lepas kepergian Ibu Hajah Kristiani Yudhoyono menghadap Allah SWT (subhanahu wa ta'ala) dengan tenang dengan diiringin doa, semoga Allah berkenan menerima amal ibadah almarhumah dan mengampuni segala khilaf dan kesalahan beliau," tutur Jokowi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6). 

Jokowi mengatakan, Bu Ani meninggalkan rakyat Indonesia pada bulan Ramadan yang penuh dengan berkah dan ampunan. "Beliau meninggalkan kita semua pada hari lailatul qodar, semoga khusnul khotimah," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Indonesia telah kehilangan tokoh wanita Indonesia terbaik. Selain seorang ibu negara yang penuh kasih sayang, Jokowi mengatakan, Ani juga dikenal sebagai pejuang kemanusiaan tulus yang menjadi teladan bagi banyak orang. 

"Kita hadir di sini, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, untuk memberikan penghormatan terakhir pada beliau, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan negara dan pemerintah atas jasa dharma bakti, serta pengabdian almarhumah pada negara, bangsa semasa hidupnya," ujar Jokowi.