Jokowi instruksikan hasil KTT G20 segera ditindaklanjuti

Terdapat lebih dari 300 proyek yang bersifat bilateral maupun multilateral, dengan nilai kerja sama mencapai lebih dari USD$250 miliar.

Presiden Jokowi memimpin Ratas mengenai Evaluasi Pelaksanaan KTT G20 di Kantor Presiden Jakarta, Senin (28/11/2022) siang. (Dok. Humas Setkab)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk segera mengeksekusi program dan inisiatif yang telah disepakati pada pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia. Terdapat lebih dari 300 proyek yang bersifat bilateral maupun multilateral, dengan nilai kerja sama mencapai lebih dari USD$ 250 miliar.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai Evaluasi Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/11) siang.

“Ini yang paling penting agar segera ditindaklanjuti dengan membentuk task force untuk menyelesaikan kesepakatan-kesepakatan, karena ada 226 proyek yang bersifat multilateral dengan nilai USD$ 238 miliar dan 140 proyek yang bersifat bilateral dengan nilai USD$ 71,4 miliar. Ini harus dipastikan bahwa semua proyek program dan inisiatif ini segera dapat dieksekusi dengan cepat,” kata Jokowi dalam keterangannya.

Kemudian, Jokowi juga mendorong jajarannya untuk mempercepat realisasi komitmen investasi yang diperoleh dari negara-negara G20.

"Saya melihat saat di Bali, di B20 itu energi positifnya kelihatan sekali, panas. Oleh sebab itu, jangan sampai komitmen investasi yang sudah ada ini tidak bisa terealisasi di lapangan," ujarnya.