Jokowi jajaki Bukit Soeharto 

Bukit seluas 61.850 hektare itu merupakan salah satu kandidat ibu kota baru yang diusulkan Bappenas.

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai peninjauan kawasan Bukit Soeharto di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, Selasa (7/5). /Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bukit seluas 61.850 hektare itu merupakan salah satu kandidat ibu kota yang diusulkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Sebagai negara besar, kita ingin punya pusat pemerintahan yang terpisah dari pusat ekonomi, bisnis dan jasa perdagangan. Ya, ini menatap ke depan ke arah negara maju," kata Jokowi kepada wartawan di Kecamatan Samboja, kawasan Bukit Soeharto, Selasa (7/5). 

Dijelaskan Jokowi, di kawasan Bukit Soeharto telah melintas tol Samarinda-Balikpapan yang ditargetkan rampung pada akhir tahun. "Tinggal 14% lagi, sehingga akhir 2019 diharapkan sudah selesai," ucapnya.

Bukit Soeharto terletak di antara Balikpapan dan Samarinda. Selain bakal dilengkapi dengan tol, pelabuhan laut dan bandara juga sudah didirikan di kedua kota itu. 

"Saya bicara apa adanya bahwa fasilitas yang ada di Kaltim sangat mendukung, terutama airport, jalan tol sudah ada, tahun ini tol sudah jadi. Artinya, itu akan menghemat banyak biaya," kata Jokowi.