Jokowi perintahkan aparat usut tuntas ledakan di Monas

"Seperti biasa beliau selalu mengatakan segala tindak kekerasan, apapun motifnya, kita harus tegas."

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019 di Jakarta, Kamis (28/11)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo meminta aparat kepolisian mengusut tuntas ledakan yang terjadi di kawasan Monumen Nasional pagi tadi. Jika ada indikasi tindak kekerasan, Jokowi menginstruksikan agar polisi melakukan tindakan tegas.

"Seperti biasa beliau selalu mengatakan segala tindak kekerasan, apapun motifnya, kita harus tegas. Setegas-tegasnya," kata juru bicara Presiden Fadjroel Rachman di Jakarta, Selasa (3/12).

Dia mengatakan, Presiden Jokowi menyerahkan penanganan perkara ini kepada aparat kepolisian. Jokowi meminta polisi melakukan investigasi tuntas terhadap insiden ini.

Meski demikian, Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres tidak melakukan penambahan pasukan untuk Jokowi pascaledakan ini. Komandan Paspampres Mayjen Marulli Simanjuntak meyakini, pasukannya dapat menjaga keamanan Presiden dengan jumlah personel yang ada saat ini.

"Kita kan pengamanan harian sudah cukup kuat, enggak perlu penambahan, kecuali kalau massa besar baru (tambah pengamanan). Kalau yang begitu, kita cukup kuat lah," kata Maruli di Jakarta.