Jokowi soal presiden 3 periode: Ingin menampar atau cari muka

Presiden Jokowi menegaskan dirinya produk pemilihan presiden secara langsung, sehingga tak mau pemilihan presiden dilakukan MPR.

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato usai menerima penghargaan Indonesian Mining Association (IMA) Award 2019 di Jakarta, Rabu (20/11)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo mengaku tak setuju dengan usulan penambahan masa jabatan presiden. Dia menilai usulan tersebut disampaikan dengan niat yang tidak baik.

"Satu ingin menampar muka saya, kedua ingin mencari muka, ketiga ingin menjerumuskan, itu saja," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/12).

Dia juga memberi isyarat penolakan terhadap usulan pemilihan presiden oleh MPR, yang pertama kali digulirkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Jokowi menekankan, dirinya merupakan produk dari pemilihan presiden yang dilakukan secara langsung oleh rakyat Indonesia. Dia pun menilai pemilihan langsung merupakan mekanisme terbaik untuk memilih pemimpin bangsa.

Kedua wacana tersebut muncul seiring rencana amendemen UUD 1945. Jokowi mengatakan, munculnya dua isu tersebut telah menunjukkan pembahasan amendemen telah melebar jauh dari tujuan awal.