Juru Bicara Satgas Covid-19: Kasus aktif Covid cenderung menurun

Untuk memerangi pandemi masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, tanpa terkecuali.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro. Foto BNPB

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro, mengklaim rata-rata kasus aktif di berbagai daerah di Indonesia cenderung mengalami penurunan. Hal itu disampaikannya pada Senin (14/9), di kantor Presiden, Istana Negara.

Per Senin (14/9), Reisa menyebut jumlah kasus aktif sebanyak 54.277 kasus, menurun dibandingkan hari sebelumnya yang sebanyak 54.649 kasus. “Jika melihat kasus aktifnya, terjadi penurunan di beberapa tempat,” ujarnya, dalam konferensi pers di kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/9)..

Lebih lanjut, dia merincikan sebaran kasus aktif perprovinsi, tertinggi di DKI Jakarta dengan 11.436 kasus aktif. Jumlah segitu pun telah mengalami penurunan dari hari sebelumnya, sebanyak 12 kasus. Sementara, jumlah kasus tertinggi kedua berada di Provinsi Jawa Barat dengan 6.443 kasus. Jumlah ini mengalami kenaikan dari hari sebelumnya, yang sebanyak 6.404 kasus.

Jawa Tengah menjadi provinsi yang berada diurutan ketiga, dengan sebanyak 5.439 kasus. Jumlah ini telah mengalami penurunan dari hari sebelumnya, yang sebanyak 5.518 kasus.

Namun begitu, Reisa mengatakan jumlah kasus aktif Covid di beberapa daerah, mengalami fluktuatif. “Tetapi, dari data Senin (15/9) dapat dikatakan rata-rata jumlah kasus aktif di Indonesia banyak mengalami penurunan,” lanjut Reisa.