KAI dan Angkasa Pura II siap hadapi mudik Lebaran

Menteri Perhubungan mengintruksikan kepada seluruh stakeholder perhubungan untuk mempersiapkan diri dengan baik. 

Menteri Perhubungan menjadi inspektur upacara pada apel kesiapan PT KAI menghadapi musim mudik Lebaran 2018. (Robi Ardianto/Alinea)

Kementerian Perhubungan menggelar apel pasukan angkutan lebaran 2018, bersama dirut dan staff PT KAI, polisi serta TNI, di parkir Selatan Stasiun Gambir, Selasa (8/5).

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memerkirakan terjadi kenaikan penumpang sebesar 3% atau sekitar 4,5 juta penumpang di moda transportasi kereta api pada musim mudik 2018.

Pada musim mudik kali ini, PT KAI menyiapkan 393 kereta, baik reguler maupun tambahan. Fluktuasi pergerakan penumpang tersebar dari H-1 sampai H+1,

Tingginya animo masyarakat terhadap moda transportasi kereta api, menjadi masukan agar PT KAI meningkatkan level pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, Menteri Perhubungan meminta kepada seluruh stakeholder perhubungan mempersiapkan diri dengan baik. 

Terkait dengan itu, ada beberapa hal yang sedang direncanakan yaitu, menambah kapasitas di Jabodetabek  dengan meningkatkan teknologi moving block sehingga bisa meningkatkan kapasitas sebanyak 40%.