Kapolri imbau anggota gelar bakti sosial jelang Ramadan

Kapolri ingin pelaksanaan baksos digelar serentak pada 21 April 2020.

Inspektur Pengawasan Daerah Polda Jateng Kombes Pol Budi Yuwono (kiri) menyerahkan bantuan sembako kepada warga saat giat bakti sosial yang dilaksanakan TNI-Polri di Kelurahan Karangjati, Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (9/4/2020). Foto Antara/Aji Styawan

Kapolri Jenderal Idham Azis mengimbau jajarannya menyelenggarakan bakti sosial untuk meringankan masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Kapolri juga mengimbau agar pelaksanaannya dilakukan secara serentak menjelang Ramadan 1441 H.

Imbauan tersebut tercantum dalam surat telegram nomor 1205 tertanggal 15 April 2020. Asisten SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri membenarkan imbauan tersebut. Ia mengatakan, baksos itu hanya imbauan bila ada anggota yang dengan sukarela ingin membantu masyarakat.

"Iya. Tidak wajib, namun bagi mereka yang ingin saja dan tidak dipaksa atau bersifat wajib," ujar Eko saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (16/4).

Menurutnya, jika dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut, Kapolri mengimbau pelaksanaannya dilakukan secara serentak pada 21 April 2020, menjelang masuknya bulan Ramadan. Adapun teknis pelaksanaanya diserahkan pada masing-masing satuan kerja.

"Teknis diatur masing-masing wilayah," ucapnya.