Kasus PDPDE Sumsel, Alex Noerdin bakal diperiksa pekan ini

Alex Noerdin mangkir dari pemeriksaan penyidik Kejaksaan Agung kemarin.

Mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, setelah menjalani pemeriksaan oleh Kejaksaan Agung, Rabu (14/8/2019). Alinea.id/Ayu Mumpuni.

Politikus Alex Noerdin dijadwalkan bakal menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus dugaan korupsi Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi Sumatera Selatan (PDPDE Sumsel).

Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Supardi mengatakan, pemeriksaan terhadap anggota DPR RI itu dilakukan karena kemarin (13/9) yang bersangkutan tidak memenuhi panggilan penyidik.

Alex Noerdin, kata Supardi, tidak dapat hadir lantaran ada agenda sidang Paripurna DPR. “Beliau minta diundur karena hari ini ada agenda sidang di DPR,” kata Supardi, Selasa (14/9).

Supardi menuturkan, pemeriksaan tetap di minggu ini, meski begitu dia tidak merinci hari dan waktu pemeriksaannya. Menurut Supardi, pemeriksaan Alex Noerdin dalam kapasitas sebagai saksi.

Sebab, pada saat peristiwa pidana terjadi, dia merupakan Gubernur Sumatera Selatan. “Pokoknya kita memperdalam, nanti kelanjutannya seperti apa, itu nanti,” tuturnya.