Kata Dokter Kepresidenan usai suntikkan vaksin ke Jokowi

Presiden Jokowi tidak merasa sakit sedikitpun usai disuntik vaksin.

Presiden Jokowi bersama sejumlah penerima vaksin Covid-19 perdana/Foto dok. Setkab

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 hari ini, Rabu (13/1). Presiden menyampaikan, penyuntikan vaksin perdana tersebut merupakan upaya memulai ikhtiar besar sebagai warga negara agar terbebas dari pandemi Covid-19.

Program vaksinasi ini, kata mantan Wali Kota Solo itu, telah lama ditunggu-tunggu. Pasalnya, perlu persetujuan izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk kepastian dari segi keamanan. Juga kepastian kehalanan vaksin Covid-19 ini dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini, berjalan dengan lancar,” ujar Jokowi dalam unggahan di akun Instagramnya, @jokowi, Rabu (13/1).

Sebelum proses vaksinasi Covid-19 perdana di Istana Kepresidenan, Jokowi menyatakan tidak pernah memiliki riwayat penyakit jantung, ginjal, diabetes, hingga sesak nafas. Jokowi juga mengaku tidak pernah terinfeksi Covid-19.

Tekanan darah Jokowi tercatat 130/67 mmHg. Presiden menyebut, biasanya tekanan darahnya tercatat 70/110 mmHg. Jika tekanan darah calon peserta diatas 140/90 mmHg, maka dokter tidak akan memberikan vaksin Covid-19.