Kecam Israel, KSPI akan gelar aksi solidaritas bagi Palestina

Aksi rencananya digelar serentak di 30 provinsi.

Para peserta aksi solidaritas memegang bendera Palestina dan Indonesia di Taman Cikapayang Dago, Kota Bandung, Jabar, pada Jumat (31/5/2019). Foto Antara/Bagus Ahmad Rizaldi

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) berencana menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di seluruh Indonesia pada Rabu (9/5). Aksi tersebut mengecam tindakan keji Israel yang menyerang warga Palestina di Masjid Al Aqsha.

"Agresi Israel ke Palestina sekaligus kekejaman Israel terhadap para jemaah yang sedang beribadah di Al Aqsa, telah mencederai rasa kemanusiaan dan keadilan seluruh bangsa di muka bumi ini, termasuk bangsa dan rakyat Indonesia," katanya Presiden KSPI, Said Iqbal, dalam telekonferensi, Minggu (16/5).

Aksi rencananya dilakukan serentak di 30 provinsi se-Indonesia. Kegiatan di Jakarta akan berpusat di Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dan Kantor PBB.

"Aksi dilakukan dengan cara damai, santun, dan terukur, wajib mengikuti protokol kesehatan. Artinya, wajib rapid tes antigen, pakai masker, menjaga jarak," ujarnya. Selain itu, KSPI bakal berkoordinasi serta mengikuti arahan petugas kepolisian dan Satgas Covid-19. 

KSPI mengklaim, puluhan ribu buruk bakal berpartisipasi dalam aksi tersebut. Diproyeksikan ada 25.000 orang jika diikuti 5.000 pabrik dan setiapnya mengirim lima orang.