Kejagung siapkan mekanisme lelang jabatan kajati dan kajari

Lelang jabatan hanya akan dilakukan untuk posisi kepala pada kejati dan kejari tipe A.

Kejaksaan Agung tengah bersiap menerapkan program lelang jabatan untuk posisi kepala kejaksaan tinggi atau Kajati dan kepala kejaksaan negeri atau kajari./ Antara Foto

Kejaksaan Agung tengah bersiap menerapkan program lelang jabatan untuk posisi kepala kejaksaan tinggi atau Kajati dan kepala kejaksaan negeri atau kajari. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Mukri mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian untuk menjalankan program terobosan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin.

Hanya saja, Mukri menggarisbawahi lelang jabatan ini hanya berlaku bagi pihak internal. 

“Rencananya seperti itu, tapi masih dalam perumusan. Ini berlaku open leading-nya bukan untuk orang luar, tapi untuk internal,” kata Mukri saat dihubungi dari Jakarta, Jumat (6/12).

Menurutnya, Jaksa Pembinaan Kejaksaan Agung sedang melakukan kajian untuk menentukan parameter jaksa yang dapat mengikuti lelang jabatan tersebut. Kajian juga dilakukan guna menentukan mekanisme pelelangan. 

Mukri mengatakan, lelang jabatan ini merupakan program terobosan dari Jaksa Agung ST Burhanuddin. Sepanjang sejarah berdirinya Kejaksaan Agung, belum pernah ada mekanisme lelang yang digunakan untuk mengisi sebuah jabatan di lingkungan Kejaksaan Agung.