Kembangkan vaksin polio, Bio Farma diganjar penghargaan oleh BMGF

Bill and Melinda Gates Foundation memberi penghargaan kepada Bio Farma dalam pengembangan vaksin polio.

Vaksin polio yang dikembangkan Bio Farma mendapat penghargaan dari Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF). Foto: Bio Farma.

PT Bio Farma (Persero) mendapatkan penghargaan dari dunia internasional untuk produk novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2). Penghargaan yang diberikan oleh Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) diberikan atas dedikasi Bio Farma yang berperan aktif untuk percepatan pengembangan dan produksi vaksin nOPV2, sebagai strategy end-game polio di dunia.

Penghargaan ini diberikan di Singapore dalam acara nOPV2 manufacturing and tech transfer summit pada 18 Mei 2022 yang dberikan oleh Ajoy Chakrabakti. Penghargaan diterima oleh Bio Farma dengan diwakili Senior Executive Vice President Bio Farma, Adriansjah Azhari.

Program nOPV2 manufacturing and tech transfer summit dilakukan dalam upaya untuk mencari solusi dan mempercepat peningkatan kapasitas produksi agar dapat memenuhi kebutuhan global. Pertemuan ini dihadiri oleh Direktur Penelitian dan Pengembangan Bisnis Bio Farma, Yuliana Indriati dan Adriansjah Azhari.

Badan Kesehatan Dunia saat ini sangat serius untuk memberantas wabah polio di dunia dan diperlukan kolaborasi yang intens antar negara untuk memberantasnya. 

Dilansir dari situs The Global Polio Eradication Initiative (GPEI), saat ini ada dua negara yang masih mengalami endemik penyakit polio, yaitu Afganistan dan Pakistan. Bahkan, beberapa negara lain juga berpotensi untuk kembali mengalami wabah polio, seperti di Afrika, Timur Tengah, Asia, dan Eropa.