Kemenhub tambah 4 satker Badan Layanan Umum

BLU berperan penting dalam membantu memenuhi kebutuhan pendanaan di sektor transportasi.

Peresmian 4 satker BLU Kemenhub. Dok Kemenhub.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah empat satuan kerja (satker) Badan Layanan Umum (BLU). Empat BLU tambahan ini telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan.

Penetapan ditandai dengan diserahkannya Keputusan Menkeu oleh Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada Kemenhub, Kamis (27/10). Penyerahan ini disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Budi mengatakan, BLU berperan penting dalam membantu memenuhi kebutuhan pendanaan di sektor transportasi, khususnya di tengah keterbatasan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kinerja keuangan BLU semakin baik yang ditunjukkan oleh pertumbuhan pendapatan, dan tingkat ketergantungan terhadap pendanaan dari rupiah murni (APBN) yang semakin menurun,” kata Budi dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (28/10).

Keempat satker BLU tersebut, yakni Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), Balai Pengujian Perkeretaapian, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, dan Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara.