Tingkatkan kualitas nakes, Kemenkes kirim perawat belajar di Belanda

Fase pelatihan bahasa dan budaya Belanda telah dilaksanakan sejak awal 2020 untuk mempersiapkan perawat Indonesia yang akan diberangkatkan.

Ilustrasi. Pixabay

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mendukung Program Peningkatan Kapasitas Perawat Indonesia ke Belanda pada Jumat (5/11) di Jakarta.

Program tersebut merupakan salah satu kerja sama yang telah dimulai persiapannya sejak awal tahun 2020 dan akan segera memulai kegiatan di Belanda pada November 2021.

“Saya melihat perawat dari Indonesia dibutuhkan di Belanda. Sejujurnya saya rasa ini adalah langkah awal untuk mengirimkan perawat kami ke negara lain di Eropa,” katanya secara virtual, Jumat (5/11).

Indonesia memiliki kesamaan demografi dengan negara-negara di Eropa. Banyak orang di sana membutuhkan penanganan dari segi kesehatan dan Indonesia memiliki banyak anak muda dengan passion untuk merawat mereka.

“Perawat Indonesia juga memiliki kemampuan berbahasa yang luar biasa, tak hanya itu mereka juga memiliki kemampuan teknis yang baik,” ucapnya, seperti dilansir dari laman resmi Kemenkes.