Ketua MPR: Birokrasi penyebab pelaku usaha lakukan korupsi

Adanya pengusaha yang terjerat korupsi karena sistem birokrasi yang berbelit.

Ketua MPR, Bambang Soesatyo.

Para pengusaha tidak ingin melanggara hukum seperti melakukan praktik korupsi berupa menyuap pejabat dalam menjalankan usahanya. Hal tersebut ditegaskan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Menurut Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia itu, adanya pengusaha yang terjerat korupsi karena sistem birokrasi yang berbelit.

"Jika dicermati lebih dalam, sebagian besar kasus korupsi yang menimpa dunia usaha disebabkan karena berbelitnya perizinan," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet, usai menerima Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Senin (30/11).

Baginya, KADIN Indonesia sebagai wadah dunia usaha dan KPK perlu terus membangun sinergi untuk menangkal korupsi di dunia usaha. Keberadaan KPK, kata dia, sangat diperlukan untuk membenahi berbelitnya perizinan, investasi, dan monopoli kuota impor tertentu yang menghambat dunia usaha.

"Sehingga, pengusaha tidak perlu lagi menyuap pejabat untuk memangkas perizinan usaha, investasi maupun dalam memperoleh kuota impor tertentu," katanya.