Komisi V DPR minta pemerintah bangun infrastruktur buat cegah dampak kekeringan

Hal ini menyusul terjadinya kendala distribusi bantuan pangan untuk warga Papua Tengah karena masalah akses transportasi dan keamanan.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras. Foto dpr.go.id

Komisi V DPR menyoroti banyaknya wilayah di tanah air yang terdampak masalah kekeringan akibat fenomena El Nino yang menyebabkab musim kemarau lebih panjang.

Oleh karena itu, pemerintah didorong melakukan tindakan pencegahan dengan meningkatkan infrastruktur di segala sektor sebagai bentuk preventif sekaligus kuratif atas bencana yang terjadi.

Wakil Ketua Komisi V DPR Andi Iwan Darmawan Aras menuturkan, pemerintah memiliki kewajiban memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak bencana. Meski begitu, pemerintah juga harus melakukan upaya pencegahan untuk mengantisipasi kekeringan di masa mendatang. 

"Pembangunan infrastruktur memiliki peran penting dalam mencegah dampak kekeringan. Infrastruktur seperti bendungan, saluran irigasi, dan reservoir air membantu menyimpan dan mengalirkan air untuk irigasi pertanian dan kebutuhan air domestik, yang dapat mengurangi risiko kekeringan," ujar Andi Iwan Darmawan Aras seperti dilansir dari laman resmi DPR, Sabtu (13/8). 

Iwan mengingatkan, pemerintah jangan hanya melakukan tindakan penanggulangan bencana saja, namun tindakan pencegahannya juga harus diperhatikan.