Komnas HAM serahkan laporan akhir penyelidikan tragedi Kanjuruhan ke presiden

Menkopolhukam menyampaikan, pihaknya telah berdiskusi dengan Komnas HAM soal poin-poin penting dari laporan yang disampaikan.

Komnas HAM menyerahkan laporan hasil penyelidikan tragedi Kanjuruhan kepada Presiden Jokowi melalui Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022) .(Alinea.id/Gempita Surya)

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyerahkan laporan hasil penyelidikan tragedi Kanjuruhan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Laporan diserahkan kepada Presiden hari ini (3/11) melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Hari ini, saya atas nama pemerintah, menerima laporan hasil investigasi Komnas HAM atas tragedi sepakbola di Kanjuruhan Malang," kata Mahfud dalam keterangan pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (3/11).

Mahfud menyampaikan, pihaknya juga telah berdiskusi dengan Komnas HAM soal poin-poin penting dari laporan yang disampaikan. Hal itu nantinya akan ditampung dan segera disampaikan kepada Presiden Jokowi untuk mengambil kebijakan lanjutan yang diperlukan.

"Secepatnya (saya sampaikan). Pokoknya kalau sudah masuk ke saya, berarti sudah tinggal disampaikan ke presiden," ujar Mahfud.

Kebijakan lanjutan yang akan diambil dapat berupa langkah langkah jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk langkah jangka pendek, kata dia, terkait dengan tindakan hukum dan tindakan administratif.