Komnas HAM targetkan laporan tragedi Kanjuruhan rampung pekan depan

Komnas HAM telah melakukan investigasi tentang tragedi di Stadion Kanjuruhan pada 2-10 Oktober 2022.

Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk ke lapangan usai pertandingan BRI Liga 1 antara Arema kontra Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, pada Sabtu (1/10/2022). Foto Antara/Ari Bowo Sucipto

Laporan Komnas HAM terkait tragedi Kanjuruhan nantinya akan diserahkan Presiden, TGIPF, juga kepolisian.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menargetkan laporan hasil pemantauan dan penyelidikan atas tragedi di Stadion Kanjuruhan rampung pada pekan depan.

Komnas HAM telah menginvestigasi peristiwa ini sejak 2-10 Oktober 2022. Sebagian dari temuan sementara telah disampaikan kepada publik dan Komnas HAM akan melanjutkan permintaan keterangan terhadap PSSI, PT Liga Indonesia Bersatu (LIB), dan Indosiar sebagai lembaga penyiaran (broadcaster) laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, menuturkan, pihaknya akan menyusun laporan dan rekomendasi terkait peristiwa tersebut setelah seluruh proses pemantauan dan penyelidikan selesai.

"Prinsipnya, hari ini kalau bisa selesai meminta keterangan semua pihak, tinggal nanti menyusun laporan, dan kesimpulan, serta rekomendasi," katanya, Kamis (13/10). "Paling tidak minggu depan bisa selesai. Minggu depan targetnya."