Mahasiswa dan Emak-emak aksi damai di KPU

Mahasiswa menduga terjadi kecurangan dalam setiap tahapan pemilu

Suasana aksi damai dari sejumlah emak-emak, di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Rabu (22/5). Alinea.id/Achmad Al Fiqri.

Sejumlah elemen masyarakat, terdiri dari emak-emak dan mahasiswa, melakukan aksi damai di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Presidium Mahasiswa Menggugat melalukan aksi unjuk rasa di Jalan Hos Cokroaminoto, Jakarta Pusat, dekat kantor KPU..

Pantauan Alinea.id, Presidium Mahasiswa Menggugat tiba di lokasi sekitar pukul 15.00 WIB. Tak banyak peserta yang ikut. Jumlahnya mereka hanya sekitar 20 orang.

Ketua Presidium Mahasiswa Menggugat Kusniabbas menuntut KPU bertanggung jawab atas setiap kecurangan pada tahapan Pemilu 2019. "Setelah kami amati konstelasi Indonesia pascapemilu, sebagian masyarakat tidak terima dengan keputusan KPU," ujar Kusniabbas dalam orasinya, Rabu (22/5).

Penolakan tersebut didasari oleh kecurangan yang terjadi dalam setiap tahapan pemilu. Belum lagi, kata dia, dari pelaksanaan pemilu yang banyak menelan korban jiwa, terutama kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) hingga ratusan orang.

Presidium Mahasiswa Menggugat mendesak KPU dan Polri membentuk tim investigasi untuk mengungkap kematian anggota KPPS. Selain itu, Ketua KPU Arief Budiman didesak mundur dari jabatannya.