Mahfud apresiasi rekomendasi DPD selesaikan masalah Papua

Menko Polhukam Mahfud MD mengapresiasi langkah dan konsep Panitia Khusus (Pansus) Papua DPD RI dalam menyelesaikan persoalan Papua.

Menko Polhukam Mahfud MD mengapresiasi langkah dan konsep Panitia Khusus (Pansus) Papua DPD RI dalam menyelesaikan persoalan Papua. Alinea.id/Fadli Mubarok

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengapresiasi langkah dan konsep Panitia Khusus (Pansus) Papua DPD RI dalam rangka menyelesaikan segala persoalan di Bumi Cenderawasih.

Menurut Mahfud, setiap rekomendasi yang diberikan oleh Pansus Papua DPD memiliki prospek yang baik untuk penyelesaian. Ia berharap dengan adanya rekomendasi tersebut, antara pemerintah dan kelompok masyarakat di Papua dapat membicarakan masalah-masalah yang ada secara damai dan objektif.

"Pansus Papua DPD kita akan koordinasi mencari cara penyelesaian yang konprehensif. Sehingga ke depan, tidak terkesan penyelesaiannya hanya satu jalan," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (25/11).

Mahfud sepakat dengan tawaran Pansus Papua DPD untuk membuka dialog dengan semua elemen. Tak terkecuali dengan kelompok-kelompok yang memiliki pandangan berbeda.

Hal tersebut, lanjut Mahfud, diperlukan agar tidak ada lagi tindakan kekerasan atau emosi dari kelompok-kelompok di Papua dan dari pihak pemerintah.