Mahfud MD libatkan seniman dan budayawan kampanye protokol kesehatan

Seniman mempertanyakan langkah pemerintah terkait protokol kesehatan yang mulai diabaikan masyarakat.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Mahfud MD memberi sambutan pada pembukaan Kongres ke-XXXII HMI di Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (1/3).Foto Antara/Jojon/hp.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Mahfud MD mengakui, protokol kesehatan Covid-19 belum sepenuhnya berjalan. Menurutnya, hal itu penting sekalipun ekonomi, sosial, serta politik di masyarakat sudah berjalan di masa adaptasi kenormalan baru (AKB).

"Sekarang mulai terlihat, kegiatan ekonomi masyarakat sudah mulai bergerak, kegiatan sosial politik bergerak, tapi protokol kesehatannya belum begitu imbang," kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Minggu (30/8).

Karena itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini ingin melibatkan seniman dan budayawan untuk mengingatkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Hal tersebut diutarakan Mahfud saat bertemu seniman dan budayawan Yogyakarta di Warung Bu Ageng milik seniman Butet Karteredjasa di Mantrijeron, Yogyakarta, Sabtu (29/8).

Seniman dan budayawan yang hadir dalam kesempatan itu antara lain Butet Kartaredjasa, Didik Nini Thowok, Agus Noor, Sujiwo Tejo dan beberapa seniman, kurator, serta budayawan lain.