Mahfud MD umumkan anggota tim gabungan usut tragedi Stadion Kanjuruhan

Tim ini bekerja dalam waktu dua minggu sampai paling lama satu bulan.

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) resmi dibentuk untuk mengungkap tragedi Stadion Kanjuruhan. Tim ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto YouTube Kemenko Polhuman

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) resmi dibentuk untuk mengungkap tragedi Stadion Kanjuruhan. Tim ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Tim ini bekerja dalam waktu dua minggu sampai paling lama satu bulan, dan hasil investigasi dari tim beserta rekomendasinya disampaikan kepada presiden," kata Mahfud dalam keterangan pers daring, Senin (3/10).

Dalam keterangan persnya, Mahfud menyampaikan keanggotaan dari TGIPF tersebut. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali ditunjuk sebagai wakil ketua, mantan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum/mantan Deputi III Kemenko Polhukam Noor Rachmad ditunjuk sebagai Sekretaris TGIPF tragedi Stadion Kanjuruhan.

Selain ketiga pimpinan tersebut, Mahfud juga memaparkan 10 nama anggota tim yang terdiri dari berbagai pihak. Di antaranya akademisi, pengamat, hingga mantan pesepakbola tim nasional Indonesia.

Adapun ke-10 anggota tersebut yakni Rhenald Kasali (akademisi/UI), Sumaryanto (Rektor UNY), Akmal Marhali (pengamat olahraga/Koordinator Save Our Soccer), Anton Sanjoyo (jurnalis olahraga-Harian Kompas), serta Nugroho Setiawan (mantan pengurus PSSI dengan lisensi FIFA).