Menlu Retno tekankan pentingnya database diaspora Indonesia

Database diperlukan untuk melihat peta talenta diaspora Indonesia di luar negeri.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menekankan pentingnya Indonesia melakukan kolaborasi dengan diaspora yang berada di luar negeri. Alinea.id/Annisa Saumi

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menekankan pentingnya Indonesia melakukan kolaborasi dengan diaspora yang berada di luar negeri. Untuk itu, Retno menekankan pementingnya pemerintah memiliki database diaspora Indonesia.

Dengan data ini, peta talenta diaspora Indonesia dapat terlihat dengan jelas dan nantinya diharapkan diaspora bertalenta ini dapat membantu melatih Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

"Contohnya pada saat kita perlu ahli pertanian yang dapat menanam padi dengan yield lebih tinggi. Dengan data ini, kita bisa menghubungi teman-teman diaspora minta saran, konsultasi, dan sebagainya," ujar Retno di kongres Diaspora Indonesia ke-5, Jakarta, Sabtu (10/8).

Nantinya, kata Retno, data ini akan membantu Indonesia mengembangkan pelatihan vokasi yang diperlukan.

Retno melanjutkan, pemetaan database tersebut telah dimulai oleh Kementerian Luar Negeri. Warga diaspora pun, kata Retno, turut serta membantu pemetaan tersebut dengan membuat aplikasi Diaspora Connect.