Menpora Imam Nahrawi mengundurkan diri

Jokowi juga tengah mempertimbangkan untuk mengganti Imam Nahrawi dengan orang baru untuk mengisi posisi Menpora.

Menpora Imam Nahrawi memberikan keterangan kepada wartawan terkait penetapan dirinya sebagai tersangka. Antara Foto

Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora, Imam Nahrawi, menyatakan mengundurkan diri melalui surat yang dikirimkannya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pengunduran diri politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dilakukan tak lama setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Menpora sudah melapor kepada saya melalui surat. Ia menyatakan mengundurkan diri. Surat pengunduran diri Menpora akan kita pertimbangkan dalam sehari ini,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenen, Jakarta, Kamis (19/9).

Jokowi mengatakan, pemerintah menghormati keputusan lembaga antirasuah yang telah menetapkan Imam sebagai tersangka kasus dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Jokowi juga tengah mempertimbangkan untuk mengganti Imam dengan orang baru untuk mengisi posisi Menpora.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengatakan akan mengikuti segala proses hukum setelah dinyatakan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK. 

“Saya mendengar apa yang sudah disampaikan oleh Pimpinan KPK dan tentu saya sebagai warga negara Indonesia akan patuh dan mengikuti semua proses hukum yang ada,” kata Imam, semalam.