Menteri tervokal di media: Airlangga dan Erick Thohir di urutan atas

Airlangga Hartarto menjadi Menteri Tervokal alias yang paling banyak dikutip pernyataannya di media pada 2022.

Ilustrasi menteri terpopuler. Alinea.id/Marzuki Darmawan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi Menteri Tervokal alias yang paling banyak dikutip pernyataannya di media pada 2022, berdasarkan riset Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan intelijen media. Sosok Airlangga aktif memberikan pernyataan dan keterangan di media seputar kebijakan ekonomi Indonesia, penyelenggaraan forum kerja sama multilateral G20 hingga penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) ke sejumlah daerah.

Di luar tugasnya sebagai menteri, sosok Airlangga juga menarik perhatian media karena menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

"Airlangga pun digadang-gadang menjadi kandidat bakal capres pada Pilpres 2024," ujar Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang dalam paparan riset yang dikutip Alinea.id, Minggu (15/1).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menempati urutan kedua sebagai Menteri Tervokal di media. Erick banyak disoroti media dalam upaya dan strateginya memaksimalkan kinerja BUMN, di antaranya merampingkan jumlah perusahaan BUMN, meningkatkan kontribusi BUMN kepada negara, baik sebagai entitas bisnis maupun entitas sosial, serta meningkatkan peran pelayanan BUMN kepada masyarakat agar semakin maksimal.

Selain itu, sosok Erick Thohir juga kerap diberitakan sebagai salah satu kandidat bakal cawapres potensial di Pilpres 2024.