Mulyanto minta BRIN fasilitasi inovasi nikuba

BRIN dapat memfasilitasi dan melakukan uji kinerja terhadap inovasi ini. Maka dari itu, BRIN dapat memberikan validasi inovasi nikuba.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto. Foto: DPR

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto, meminta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk memfasilitasi inovasi bahan bakar air bertajuk nikuba (niku banyu). Inovasi merupakan karya dari Aryanto Misel.

BRIN dapat memfasilitasi dan melakukan uji kinerja terhadap inovasi ini. Maka dari itu, BRIN dapat memberikan validasi inovasi nikuba tersebut.

"Kalau memang terbukti (proof of concept), maka akan baik sekali kalau pemerintah terus memfasilitasi temuan ini, sehingga benar-benar dapat dikomersialisasi dalam skala industri,” katanya dalam keterangan, Kamis (6/7).

Mulyanto menyebut, sangat disayangkan bila nantinya karya ini justru diambil oleh negara lain karena anak negeri kecewa dengan perlakuan pemerintahnya. Apalagi, kabarnya inovasi ini dilirik petinggi otomotif Lamborghini dan Ducati.

“Jangan belum apa-apa sudah dipandang sebelah mata oleh BRIN. Jangan sampai terkesan inovasi anak bangsa tidak dihargai di negeri sendiri. Padahal negara lain malah menghargainya," ujar Mulyanto.