Ombudsman: Pendidikan paling banyak diadukan warga Jakarta

Hal ini berdasarkan aduan masyarakat kepada Ombudsman RI selama 2021.

Anggota Ombudsman RI, Hery Susanto (kiri), saat bertemu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota, pada Kamis (12/8/2021). Dokumentasi Ombudsman

Pendidikan menjadi sektor yang paling banyak diadukan masyarakat kepada Ombudsman RI (ORI) terkait pelayanan publik di DKI Jakarta selama 2011. Lalu disusul bidang agraria, kepolisian, Permukiman dan perumahan, serta kesehatan.

"Karenanya, lima besar instansi terlapor yang banyak dilaporkan masyarakat adalah Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta, kantor pertanahan, dan Dinas Sosial DKI Jakarta," ucap Anggota ORI, Hery Susanto, dalam keterangan tertulis, Jumat (13/8).

Dirinya melanjutkan, terdapat empat hal yang paling banyak diadukan publik tentang praktik malaadministrasi selama 2021. Pertama, penundaan berlarut-larut, penyalahgunaan wewenang, penyimpangan prosedur, dan tidak memberikan pelayanan.

"Berdasarkan jumlah laporan masyarakat dari kota pelapor, terbanyak Jakarta Selatan dengan 37 pengaduan masyarakat. Kemudian disusul Jakarta Timur 35 pengaduan. Jakarta pusat 18 pengaduan, Jakarta Barat 16 pengaduan, dan Jakarta Utara 11 pengaduan," imbuhnya.

Hery pun meminta Pemprov Jakarta melakukan beberapa hal dalam rangka mempercepat penyelesaian laporan masyarakat. Salah satunya, mengoptimalkan focal point di instansi terlapor.