Jokowi tekankan pembangunan infrastruktur harus perhatikan kelestarian lingkungan

Upaya pelestarian di tengah pembangunan infrastruktur juga akan dilakukan di wilayah lain selain Provinsi Riau.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan infrastruktur di Indonesia harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar. Hal itu disampaikannya usai meninjau perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau, pada Kamis (5/1). "Saya terus mengingatkan mengenai pentingnya juga memperhatikan lingkungan, seperti yang kita bangun Jalan Tol Pekanbaru-Dumai misalnya, ada terowongan untuk lintasan gajah sebanyak enam tempat," kata Jokowi dal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan infrastruktur di Indonesia harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar. Hal itu disampaikan usai meninjau perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau, pada Kamis (5/1).

"Saya terus mengingatkan mengenai pentingnya juga memperhatikan lingkungan, seperti yang kita bangun Jalan Tol Pekanbaru-Dumai misalnya, ada terowongan untuk lintasan gajah sebanyak enam tempat," kata Jokowi dalam keterangan resmi.

Disampaikan Jokowi, pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai tidak mengganggu perlintasan salah satu satwa yang dilindungi, yakni gajah Sumatra. Jokowi menuturkan, upaya pelestarian tersebut juga akan dilakukan di wilayah lain selain di Riau.

Hal ini dilakukan agar pembangunan infrastruktur tidak mengganggu kelestarian satwa liar.

"Saya kira beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan, lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi tersebut," ujarnya.