Pemberlakuan Gapeka 2023, Daop 1 Jakarta tambah 3 relasi KAJJ

Pemberlakuan Gapeka 2023 meningkatkan efisiensi waktu perjalanan Kereta Api Jarak Jauh.

Ilustrasi stasiun Gambir, Jakarta. Foto Unplash.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021. Ini diberlakukan mulai 1 Juni 2023, termasuk di wilayah Daop 1 Jakarta.

Grafik Perjalanan Kereta Api merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis dengan menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api. Mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Kahumas KAI DAop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan pemberlakuan Gapeka 2023 meningkatkan efisiensi waktu perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

"Untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh sebesar total 2.512 menit per hari," kata Eva melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu (13/5).

Eva memerinci, efisiensi waktu tempuh meningkat untuk seluruh kelas KA, antara lain 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi.