Pemerintah kirim bantuan kemanusiaan ke Libya senilai Rp13,9 miliar

Pengiriman bantuan kemanusiaan dilakukan pada Senin (2/10) dini hari, melalui Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Para petugas sedang memasukan barang bantuan dukungan logistik dari Pemerintah Indonesia ke dalam pesawat yang akan membawa ke Libya dari Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, Selasa (2/10/2023) dini hari. Foto BNPB

Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Libya dalam bentuk dukungan logistik dalam rangka penanggulangan bencana banjir yang menerjang wilayah Libya pada September. Pengiriman bantuan kemanusiaan dilakukan pada Senin (2/10) dini hari, melalui Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Proses pelepasan bantuan kemanusiaan dipimpin oleh Plt. Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Sorni Paskah Daeli mewakili Menko PMK yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, Sorni mengatakan, sebagai bentuk kepeduliaan dan kemanusiaan antarnegara sahabat, Pemerintah Indonesia sepakat untuk mengirimkan bantuan kepada Pemerintah Libya.

“Melihat besarnya kerugian akibat dampak banjir tersebut, maka pemerintah Indonesia sebagai salah satu negara sahabat Libya turut serta meringankan penderitaan saudara-saudara kita di sana,” kata Sorni, dalam keterangan resminya, Senin (2/10).

“Bantuan ini adalah salah satu komitmen dari pemerintah Indonesia melalui nilai kemanuasiaan dalam ketahanan bencana. Penanggulangnan bencana adalah urusan bersama, perlu kolaborasi multipihak,” lanjutnya.