Pemuda Pancasila: Dibentuk militer, dekat dengan Orde Baru

Di masa Orde Baru, Pemuda Pancasila dekat dengan Golkar dan militer.

Ilustrasi Pemuda Pancasila. Alinea.id/Firgie Saputra.

Organisasi kemasyarakatan (ormas) Pemuda Pancasila menjadi sorotan kembali usai beberapa anggotanya mengeroyok Kepala Bagian Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Dermawan Karosekali, ketika mereka tengah berunjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, pada Kamis (25/11).

Demonstrasi itu digelar menuntut bertemu anggota DPR dari fraksi PDI-P, Junimart Girsang. Anggota Pemuda Pancasila tak terima dengan pernyataan Junimart, yang mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk tak memperpanjang dan mencabut izin ormas yang meresahkan.

Pernyataan itu dilontarkan Junimart, yang Wakil Ketua Komisi II DPR pada Senin (22/11), merespons bentrokan antara anggota ormas Forum Betawi Rempug (FBR) dengan Pemuda Pancasila di Ciledug, Tangerang pada Jumat (19/11).

Pemuda Patriotik ke Pemuda Pancasila

Jika ditarik ke belakang, Pemuda Pancasila secara tak langsung lahir dari kekecewaan Abdul Haris Nasution, yang dibebastugaskan dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), usai peristiwa 17 Oktober 1952.