Pengamanan libur Imlek, Polisi: Jangan mudah tersulut emosi

Masyarakat juga diminta untuk tidak mudah tersulut emosi sepanjang jalan. Rasa sabar sangat diperlukan kala menyusuri rute liburan.

Ilustrasi lalu lintas saat masa liburan. Foto: Ist

Kepolisian tengah menerapkan pengamanan dalam menyambut Hari Raya Imlek yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Asops Kapolri, Irjen Agung Setya mengatakan, pengamanan ini juga bagian dari Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Jumlah personel mengikuti arahan dari setiap jajaran Polda di wilayah masing-masing.

“Sehingga semua Polda akan menempatkan personel ditempat keramaian, tempat ibadah, wisata serta pengamanan arus lalu lintas dengan terselenggara perayaan Imlek di beberapa titik,” kata Agung kepada Alinea.id, Jumat (20/1).

Pengamanan ini sesuai dengan surat telegram nomor STR/52/I/PAM.3./2023 tanggal 19 Januari 2023. Sementara libur Imlek jatuh ada Senin, 23 Januari.

Agung mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan rencana liburannya dengan baik. Tentu dapat memesan tiket angkutan umum pergi-pulang.

Masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi harus memperhatikan kondisi transportasinya. Tidak lupa untuk membawa surat-surat kendaraan maupun kartu asuransi.