Persiapan Bio Farma sebelum vaksin Covid-19 didistribusikan

Bio Farma jaga keamanan dan kualitas vaksin Covid-19.

Kantor Cabang Bio Farma di Jakarta, September 2020. Google Maps/BIOFARMA.

Bio Farma terus melakukan persiapan sebelum vaksin Covid-19 diedarkan ke masyarakat. Honesti Basyir, Direktur Utama Bio Farma menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan periode monitoring.

“Sample darah dari masing-masing relawan akan dites untuk menentukan titer antibodi. Setelah tiga bulan, kita laporkan hasilnya ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) sebagai bagian dari proses untuk mendapatkan emergency use authorization (EUA),"  ujarnya dalam dialog dengan tema “Menjaga Kualitas Vaksin Aman Hingga Ke Masyarakat”, Senin (28/12).

Dia menambahkan, sampai saat ini tidak ada kejadian-kejadian yang serius yang akan membuat uji klinik tahap tiga terevaluasi ataupun dihentikan.

"Sehingga izin dari Badan POM bisa keluar dan kita nanti bisa segera berikan program vaksinasi kepada masyarakat luas,” papanya.

Bio Farma, lanjut Honesti, juga tengah mempersiapkan sistem distribusi vaksin ke seluruh Indonesia dan sudah mengembangkan sistem digitalisasi. Untuk pengemasannya, dikembangkan dengan sistem track and trace.