Pesawat Hercules kedua tiba di Lanud Halim

Pesawat ketiga akan tiba pada Juli, keempat pada Oktober, serta kelima di Januari 2024.

Indonesia kembali kedatangan pesawat Hercules baru untuk kedua kalinya pada Rabu (28/6/2023). Foto: YouTube Airmen TV Dispenau

Indonesia kembali kedatangan pesawat Hercules yang baru untuk kedua kalinya. Kedatangannya tiba di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma TNI AU, Halim, Jakarta Timur, Rabu (28/6).

Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen Inf. Edwin Adrian Sumantha mengatakan, pesawat kedua ini akan diserahkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam waktu dekat. Sementara, pesawat ketiga akan tiba pada Juli, keempat pada Oktober, serta kelima di Januari 2024.

“Ini pesawat kedua karena pesawat pertama sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Rencana penyerahan secara resmi oleh Menhan Prabowo Subianto kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) beberapa hari ke depan,” katanya di Halim, Rabu (28/6). 

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Agung Sasongkojati menuturkan perjalanan yang dilakukan oleh pesawat ini. Rutenya dimulai dari Georgia, Atalanta, Amerika Serikat.

Pada 22 Juni 2023, pesawat ini memulai rute penerbangan dari pantai timur di Amerika menuju pantai barat. Kemudian dari sana mereka menyeberangi lautan Atalantik hingga tiba di Hawai.