Polda Papua negosiasi untuk penyelamatan pilot Susi Air

Pergerakan Kelompok Egianus dipantau dengan menurunkan anggota di lapangan serta menjalin komunikasi dengan para tokoh.

Pilot Susi Air disandera KKB (Foto: dok. Istimewa)

Kepolisian Daerah (Polda) Papua tengah bernegosiasi untuk melakukan upaya penyelamatan terhadap Pilot Susi Air yakni Capt. Philips Max Mehrtens.

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan, pihaknya memakai dua cara untuk memonitor pergerakan Kelompok Egianus yakni dengan menurunkan anggota di lapangan serta menjalin komunikasi dengan para tokoh.

“Melalui para tokoh tersebut yang kami upayakan agar terjalin komunikasi serta negosiasi agar kami dapat mengetahui apa saja yang diinginkan kelompok tersebut dan agar kami selalu mengetahui kondisi serta keadaan Pilot itu sendiri,” kata Fakhiri, usai kegiatan Serah Terima Jabatan 3 Kapolres Jajaran Polda Papua yang dilaksanakan siang tadi, Jumat (17/2) di Mapolda Papua Koya Koso.

Menurutnya, Atase Selandia Baru yang kemarin hendak menemui pihaknya juga mempercayakan hal ini kepada TNI-Polri. Mereka berharap, warganya tersebut dapat kembali dengan selamat dan sehat.

“Tentunya ini juga menjadi tanggung jawab kami sebagai pihak Keamanan dan akan kami upayakan secara ekstra maksimal serta kehati-hatian agar semuanya berjalan dengan baik dan lancar. Ini juga membutuhkan dukungan dari semua pihak terlebih masyarakat sekitar,” ujarnya.