Polda Sumut periksa lima anggota Brimob usai amankan demo

Padahal, anggota Brimob dalam mengamankan demonstrasi sudah diperingatkan untuk pendekatan secara halus. Namun diabaikan.

Petugas kepolisian melambaikan tangan saat terjadi kericuhan dengan mahasiswa dalam unjuk rasa di depan kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Antara Foto

Polda Sumatera Utara (Sumut) mengklaim tengah memeriksa lima anggota Brigade Mobil atau Brimob usai aksi unjuk rasa atau demonstrasi oleh mahasiswa di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara pada Selasa (24/9).

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andriyanto, mengatakan lima anggotanya tengah diperiksa oleh Divisi Profesi dan Pengamanan. Namun demikian, Agus enggan menyebutkan kelima identitas anggotanya tersebut.

“Lima orang sudah diamankan Propam Polda,” kata Agus saat dikonfirmasi pada Rabu (25/9).

Agus menuturkan, pihaknya telah menegaskan kepada seluruh jajaran agar menggunakan pendekatan secara halus atau soft approuch dalam mengamankan demo. Namun, kelima anggotanya tak menjalankan perintah tersebut.  Karena itu, dia memastikan pihaknya akan melakukan penindakan secara tegas kepada anggotanya.

"Kita semua sudah ingatkan anggota dan pengendali, namun di lapangan situasinya demikian. Makanya kita dalami video viral itu," ucapnya.