Polri: Jika ada kecurangan di TPS, laporkan

Masyarakat diimbau untuk segera melapor kepada anggota Polri di TPS apabila ada kecurangan dan pelanggaran.

Warga memberikan hak suaranya di TPS 24 yang bertema Konferensi Asia Afrika di Kecamatan Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/4)./ Antara Foto

Mabes Polri menyatakan pelaksanaan pemungutan suara di seluruh TPS di Indonesia berlangsung aman dan lancar. Dari laporan petugas yang berjaga di TPS, pemungutan suara berlangsung sesuai aturan yang telah ditetapkan dan tidak ada gangguan.

“Alhamdulillah sampai pada pagi ini, tahapan pemilu berjalan dengan baik. Kita semua berdoa agar pemilu berjalan damai, aman, menggembirakan,” ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal di Humas Polri, Rabu (17/4).

Masyarakat diimbau untuk melapor kepada petugas kepolisian yang berjaga di tiap TPS, jika menemukan pelanggaran atau kecurangan dalam pemungutan suara. 

Para penyelenggara pemilu juga diimbau untuk tidak menghalangi seseorang memberikan hak pilihnya. Apalagi, hal itu sudah dipastikan sebagai sebuah tindak pidana oleh Mahkamah Konstitusi.

Iqbal menjamin pihak kepolisian bertindak tegas, pada seluruh indikasi pelanggaran dan kecurangan yang akan mengganggu jalannya pemilihan.