Polri prediksi puncak arus mudik pada 2 Juni

Polri memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Minggu (2/6), sehingga disiagakan 184.000 personel pengamanan lalu lintas.

Polri memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Minggu (2/6), sehingga disiagakan 184.000 personel pengamanan lalu lintas. / Antara Foto

Polri memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Minggu (2/6), sehingga disiagakan 184.000 personel pengamanan lalu lintas.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan persebaran petugas polantas disesuaikan dengan kepadatan jumlah dan arus mudik. Dia memerkirakan, sebanyak 60% arus mudik terpusat di Pulau Jawa.

"Operasi Kepolisian 2019 akan dilakukan selama 13 hari, pada tanggal 29 Mei-12 Juni. Mengacu analisa atas situasi tahun lalu, dan didukung peningkatan sarana-prasarana jalan, jumlah pemudik diperkirakan meningkat 30%-40%," Kata Refdi, dalam diskusi Teras Kita bertema “Mudik Selamat, Guyub Rukun”, di Crowne Plaza Hotel, Jakarta, Kamis (16/5). 

Korlantas Polri merencanakan kesiapan pagar betis para personel Polri dan pengamanan khusus bagi kendaraan-kendaraan umum. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi menjelaskan persiapan tim dengan koordinasi dan simulasi bersama Kasatlantas di titik-titik yang akan dilalui kendaraan pemudik via jalan darat.