Pose 2 jari jaksa diyakini tidak politis

"Tidak ada maksud apa-apa, hanya karena dia ngefans saja pada artis yang sekarang terkena kasus."

Pegawai kejaksaan berpose dengan Ahmad Dhani./ Foto: Dok. Istimewa

Jaksa Agung HM Prasetyo memastikan bawahannya, yang berpose dua jari saat berfoto bersama Ahmad Dhani Prasetyo, tidak sedang menunjukkan arah politik dalam foto tersebut. Dari pemeriksaan yang dilakukan, pose tersebut dilakukan karena mengikuti Dhani, yang merupakan idola jaksa tersebut.

"Untuk saat ini jaksa yang bersangkutan mengatakan itu tidak ada maksud apa-apa, hanya karena dia ngefans saja pada artis yang sekarang terkena kasus," ujar Prasetyo di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (14/2).

Ia menegaskan, pegawai kejaksaan harus bersikap independen terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Mereka harus bersikap netral dan tidak diperkenankan menunjukan kesan keberpihakan politiknya dalam bentuk apapun.

Jika terjadi pelanggaran, Kejaksaan Agung memiliki mekanisme tersendiri untuk menanganinya. Penjatuhan sanksi dapat dilakukan, setelah mempertimbangkan sejumlah aspek. 

"Kami punya tindakan internal, tetapi harus melihat seperti apa kesalahannya, sejauh mana kesalahannya, dan kesengajaannya seperti apa," kata Prasetyo menerangkan.