Presiden Jokowi janji tambah jabatan baru perwira tinggi TNI

Jokowi siapkan 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah berkomitmen akan menambahkan lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI. / Antara Foto

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah berkomitmen akan menambahkan lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI. Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam mengoptimalkan peran prajurit TNI di Indonesia. 

"Pemerintah terus berkomitmen tingkatkaan profesionalisme TNI, Pemerintah sekarang sudah menambah 60 jabatan perwira tinggi baru untuk mengoptimalkan peran prajurit, pemerintah saat ini juga sedang lakukan harmonisasi rancangan," kata Presiden dalam pidato upacara HUT ke-74 TNI di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10). 

Menurut Jokowi, dalam memenuhi target kekuatan pokok minimum tahap kedua, pemerintah juga akan turut meningkatkan kemandirian industri pertahanan nasional. Hal tersebut sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang 15/2012. 

"Pemerintah juga terus tambah jumlah alutsista, serta pendidikan dan pelatihan prajurit TNI," ujarnya. 

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut untuk meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja prajurit TNI, anggaran pertahanan menjadi lebih dari Rp130 triliun pada tahun 2020. Anggaran tersebut naik dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp121 triliun.