Puncak arus mudik jalur tol diprediksi terjadi 31 Mei 2019

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada Jumat, 31 Mei 2019 untuk moda transportasi darat, khususnya jalan tol dan sepeda motor.

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada Jumat, 31 Mei 2019 untuk moda transportasi darat, khususnya jalan tol dan sepeda motor. / Antara Foto

Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada Jumat, 31 Mei 2019 untuk moda transportasi darat. Kenaikan jumlah pengguna transportasi darat juga diprediksi naik hingga 15% jika dibandingkan dengan tahun lalu. 

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan kenaikan jumlah pengguna moda transportasi darat tersebut turut didorong oleh selesainya infrastruktur tol di Pulau Jawa dan Sumatera. 

"Ada kenaikan dengan moda transportasi darat, tetapi kebanyakan datang dari kendaraan pribadi," katanya saat ditemui usai konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (29/5).

Budi juga mengatakan dengan kenaikan jumlah pengguna transportasi darat, diperkirakan kemacetan juga akan terjadi di sejumlah titik di pintu keluar tol Trans Jawa. 

"Tapi terhadap pintu-pintu exit tol tadi sudah lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan rekayasa termasuk melakukan metode penanganan," ujarnya.