Satgas Covid-19: Kasus aktif tembus 46 ribu

Meski kasus aktif kembali meningkat, BOR di RSD Wisma Atlet relatif stabil rendah.

Ilustrasi Pixabay.

Indonesia mencatatkan peningkatan kasus positif Covid-19 harian. Peningkatan terjadi secara perlahan mulai dari 1.000 kasus pada awal Juni, kemudian 2.000 kasus di awal Juli, dan meningkat tiga kali lipat hingga saat ini.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, sampai Rabu (27/7) jumlah kasus positif harian mencapai angka 6.000 kasus. Peningkatan kasus positif ini turut diikuti peningkatan kasus aktif.

"Per kemarin, kasus aktif telah mencapai angka 46.000, di mana sudah lama kita tidak memiliki kasus aktif sebanyak ini. Tercatatkan bahwa terakhir di bulan April kita memiliki kasus aktif sekitar 46.000, dan sekarang kembali terulang," kata Wiku dalam keterangan pers daring, Kamis (28/7).

Selain itu, kasus kematian juga mulai mengalami kenaikan. Selama tiga hari terakhir, kata Wiku, tercatat selalu diatas 10 kematian per hari.

Menurut Wiku, peningkatan kasus positif, kasus aktif, dan kematian tercermin pada positivity rate mingguan yang saat ini telah berada di atas ambang batas WHO, yaitu 5% selama tiga minggu berturut-turut.