Satgas Damai Cartenz buru penembak warga sipil di Papua

Tanpa diundang, pelaku bersama seorang rekannya datang dari arah atas atau samping kanan rumah korban.

Evakuasi korban penembakan oleh KKB. Dok. Satgas Damai Cartenz

Polisi melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan warga sipil di Ilaga, Puncak Papua. Penembakan itu dalam dugaan dilakukan oleh Kelompok Kriminial Bersenjata (KKB), pada pukul 16.30 WIT, Senin (25/4).

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, penembakan terjadi pada warga bernama Samsul Sattu (45). Evakuasi kemudian dilakukan terhadap Samsul dan pelaku yang melarikan diri langsung dikejar oleh aparat.

“Setelah tiba di TKP, pelaku telah melarikan diri, sehingga personel mengevakuasi korban ke Puskesmas Ilaga,” kata Kamal dalam keterangan, Senin (25/4).

Kamal menjelaskan, dari keterangan saksi, sebelum kejadian korban bersama tiga orang lainnya sedang duduk dan menikmati secangkir kopi di depan teras rumah. Tanpa diundang, pelaku bersama seorang rekannya datang dari arah atas atau samping kanan rumah korban.

Penuh keyakinan dan kepercayaan diri, pelaku langsung melepas tembakan ke arah korban. Timah panas itu mengarah dari ketiak sebelah kanan sebanyak satu kali.