Kemendagri: Setiap tahapan pilkada disiapkan protokol kesehatan

Keselamatan penyelenggara pemilihan umum dan warga negara harus tetap berada di atas segalanya.

Warga melintas di depan mural bertema pemilihan umum di kawasan Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Kamis (7/5). Foto Antara/Fauzan/aww.

Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di tengah ancaman wabah Covid-19 tidak bisa dihindari. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar mengungkapkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kemendagri sedang menyiapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan pesta demokrasi lokal tersebut.

"Karena keselamatan penyelenggara pemilihan umum dan warga negara harus tetap berada di atas segalanya," kata Bahtiar, yang juga Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, dalam rilis yang disampaikan di Jakarta, Jumat (5/6) malam.

Menurut dia, pada setiap tahapan sedang disiapkan protokolnya. Misalnya, pada saat pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) yang kemarin tertunda bagaimana pelantikan itu bisa dilakukan dengan protokol kesehatan.

Demikian juga, dalam melakukan verifikasi calon perorangan, Bahtiar menyatakan, pendaftaran pasangan calon itu nantinya dapat disepakati untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian, misalnya menggunakan perwakilan dengan metode-metode tertentu.

Bahtiar mengungkapkan, KPU dan Kemendagri juga memperhatikan bagaimana protokol kesehatan saat pengumuman pasangan calon serta tahapan-tahapan pilkada seterusnya.