Sketsa wajah penyerang Novel Baswedan meleset, polisi: Bisa saja saksi tak akurat

Pada Jumat (24/11/2017), Polda Metro Jaya menerbitkan sketsa wajah dua pelaku penyiraman air keras ke Novel Baswedan.

Pelaku penyiraman air keras terhadap Penyidik KPK Novel Baswedan dibawa petugas saat tiba di Bareskrim Mabes Polri di Jakarta, Sabtu (28/12/2019). Foto Antara/Nova Wahyudi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono menyebut, wajah penyiram air keras ke Novel Baswedan bisa jadi berbeda dengan sketsa pelaku yang telah dipublikasikan.

Ia beralasan, saksi yang hanya sekilas melihat ketika insiden penyiraman air keras terjadi, kemungkinan kurang akurat.

“Kalau saksi satu orang itu melihat sekali saja, ya seperti itu gambarannya. Nanti kita lihat seperti apa. Makanya banyak orang berpersepsi, makanya harus dengan fakta. Kita tunggu fakta dari kepolisian seperti apa,” ujar Argo di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Sabtu (28/12).

Sebelumnya, pada Jumat (24/11/2017), Polda Metro Jaya menerbitkan sketsa wajah dua pelaku penyiraman air keras ke Novel Baswedan. Kapolda Metro Jaya saat itu, Irjen Idham Azis mengklaim, kecocokan sketsa wajah pelaku mencapai 90%.

Sementara itu, Kapolri Idham Azis mengatakan, saat ini dua tersangka penyerangan terhadap Novel Baswedan, berinisial RB dan RN masih dalam proses penyidikan tim teknis gabungan Bareskrim maupun Polda Metro Jaya.