ST Burhanuddin jadi faktor tingginya kepercayaan publik terhadap kejaksaan

Berdasarkan survei LSI periode April 2023, Kejagung menjadi lembaga penegak hukum paling dipercaya publik daripada institusi sejenis.

Jaksa Agung, ST Burhanuddin, dinilai menjadi salah satu faktor tingginya kepercayaan publik terhadap kejaksaan. Dokumentasi Kejagung

Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik pada April 2023 dengan skor 72%. Kemudian, berdasarkan hasil riset Lembaga Survei Indonesia (LSI), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan 68% dan Polri 60%.

"Dalam penegakan hukum, kepercayaan terhadap Kejaksaan paling tinggi, sementara kepolisian paling rendah, 60% cukup atau sangat percaya," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam paparannya, Minggu (9/4).

Pada kesempatan terpisah, Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi, mengapresiasi capaian itu. Menurutnya, hasil survei tersebut menunjukkan kejaksaan bekerja serius.

"Kejaksaan Agung yang memang bukan hanya memberikan dalam bentuk kata-kata, tetapi hasil konkret dan bisa kita rasakan langsung," ucapnya saat dihubungi di Jakarta, Senin (10/4). 

Senator asal Aceh ini lantas mencontohkan dengan kehadiran Rumah Restorative Justice di sejumlah daerah. Fasilitas ini dapat menjadi opsi bagi pihak-pihak yang berperkara sebagai alternatif pilihan di persidangan.